top of page
Gambar penulisBenur Top Group

Budidaya Udang = Budidaya Air (Edisi 3)


Guncangan pada parameter air harus dihindari agar udang tidak Stres. Setiap parameter adalah sama pentingnya, sehingga layak untuk diberikan perhatian yang sama.


Suhu berdampak langsung terhadap nafsu makan Udang. Suhu yang terlalu rendah membuat Udang menjadi ‘Dormant’ dan cenderung malas untuk makan, sedangkan Suhu yang terlalu tinggi menyebabkan penyerapakan nutrisi oleh udang menjadi tidak maksimal dan kebanyakan pakan yang dimakan akan berakhir menjadi kotoran.


PH dan Alkalinitas memiliki hubungan yang erat. PH berdampak langsung pada kenyamanan Udang dan nafsu makan Udang. Guncangan PH yang terlalu jauh antara pagi dan sore hari dapat menyebabkan udang menjadi stress dan tidak mau makan. Menjaga kadar alkalinitas yang optimal, berdampak langsung untuk menjaga kestabilan kadar PH.


Kadar Oksigen Terlarut (DO), sama seperti manusia, udang membutuhkan Oksigen yang cukup untuk dapat hidup, beraktivitas dan bertumbuh dengan baik.


Total Ammonia (TAN) harus sebisa mungkin dihilangkan dari air, karena merupakan gas beracun yang dapat sangat mengganggu udang.


Salinitas merupakan ukuran kadar keasinan air. Udang Vannamei adalah species air Payau, sehingga membutuhkan kadar keasinan yang optimal untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page